Headlines News :

Free SMS

Home » » Ilmuwan Rusia Menemukan Danau Vostok

Ilmuwan Rusia Menemukan Danau Vostok

Written By News Batak And Zone Info on Sabtu, 19 Mei 2012 | 00.42

Kurang dari 600 mil titik beku di Kutub Selatan, para ilmuwan Rusia menemukan danau vostok di Antartika mereka mengatakan telah berhasil membor Danau tersebut, sebuah kubangan air misterius yang tertutup dua mil di bawah lapisan es kutub.
Mereka telah berusaha untuk mencapainya selama dua dekade. Hasil penemuan itu, kata mereka, dapat menghasilkan petunjuk penting tentang sejarah Bumi, dan mungkin dunia lain juga.
danau vostok ilustrasi 300x225 Ilmuwan Rusia Menemukan Danau VostokValery Lukin, kepala Rusia Arctic dan Antartica Research Institute (AARI) yang membawahi misi ini, mengatakan dalam sebuah pernyataannya  kemarin bahwa timnya mencapai permukaan danau pada hari Minggu. Mereka berhati-hati sampai sekarang, dengan mengatakan mereka ingin memeriksa bacaan dari sensor pada remote control bor mereka.
“Tidak ada tempat lain di Bumi yang telah di isolasi selama lebih dari 20 juta tahun,” kata Lev Savatyugin, seorang peneliti dengan AARI yang terlibat dalam mempersiapkan misi, The Associated Press. “Ini pertemuan dengan yang tidak diketahui.”
Danau Vostok, 160 mil panjang dan lebar 30 mil, hanya terlihat di radar sampai sekarang. Para peneliti Rusia, yang menjalankan stasiun penelitian Vostok di permukaan, mengatakan rencana mereka untuk membor agar menembus es ke dalam lautan yang tersembunyi, dan secara otomatis menarik kembali bor tersebut agar tidak mencemari air bawah ini.
Para ilmuwan mengamati proyek tersebut mengatakan mereka khawatir bahwa 66 ton pelumas dan antibeku yang digunakan dalam pengeboran mungkin merusak danau aslinya. Tapi Lukin mengatakan dalam pernyataannya bahwa sekitar 1,5 meter kubik minyak tanah dan freon dituangkan ke dalam tangki di permukaan dari boreshaft, bukti-bukti bahwa air danau mengalir dari bawah, membeku, dan diblokir lubang.
misteri danau vostok 300x225 Ilmuwan Rusia Menemukan Danau Vostok“Ya Tuhan ini adalah tempat yang mengerikan,” tulis para penjelajah Inggris Robert Falcon Scott saat mencapai Kutub Selatan abad yang lalu bulan lalu. Scott dan empat kawan-kawan, berhasil menaklukkan kutub tersebut dengan ekspedisi Norwegia Roald Amundsen, mereka meninggal saat mencoba berangkat kembali untuk menyelematkan diri. Dan iklim sebenarnya lebih buruk di pusat Vostok , di mana Rusia pernah mengukur suhu permukaan 129 F derajat di bawah nol. (Suhu saat ini, laporan Rusia, adalah sekitar 40 di bawah ini; itu adalah akhir musim panas di sana.)
Danau Vostok diyakini dihangatkan oleh energi panas bumi. Tapi mengapa ketika ingin  mengebor itu, merasakan adanya tarikan misteri dari luar?
“Menurut penelitian kami, jumlah oksigen yang ada melebihi yang pada bagian lain dari planet kita sebesar 10 sampai 20 kali. Bentuk kehidupan apapun yang kita temukan cenderung menjadi unik di Bumi,” kata Sergey Bulat, ilmuwan kepala Ekspedisi Rusia Antartika, seperti dikutip oleh majalah Reporter Rusia.
Ada ilmuwan lain yang meragukan penelitian itu. Terlalu banyak oksigen, menurut mereka, benar-benar bisa menjadi racun bagi kehidupan. Jadi Danau Vostok bisa berubah menjadi unik/langka – tempat pertama yang ditemukan di Bumi di mana ada air dalam bentuk cair di kutub.
Ini dapat memiliki implikasi untuk mencari kehidupan di tempat lain di tata surya. Bulan Jupiter Europa dan bulan Saturnus Enceladus keduanya telah dilihat oleh satelit NASA dan hasilnya mereka memiliki kerak es, tetapi, tampaknya, memerlukan cukup panas dari dalam untuk meningkatkan kemungkinan setidaknya adanya lautan yang tersembunyi. Europa khususnya telah berharap penuh itu bisa diakui sebagai rumah mungkin bagi kehidupan di luar bumi. Para ilmuwan ingin tahu lebih banyak tentang mereka. Bisakah Danau Vostok, setengah miliar mil lebih dekat, menawarkan petunjuk tentang apa yang ada di luar, dalam dingin mencapai ruang tersebut?
Orang-orang Rusia ini  meskipun merasakan dingin, walau pun uang yang terbatas untuk penelitian ilmiah, mereka tetap melakukan pengeboran bawah tanah Danau Vostok. Apa yang akan mereka temukan di dalam air di sana?
“Ini seperti menjelajahi planet lain, kecuali yang satu ini adalah milik kita,” kata Robin Bell dari Columbia University glaciologist lewat email. Patut diberi apresiasi bahwa Ilmuwan Rusia  Menemukan Danau Vostok yang misterius itu yang tersegel dari kehidupan manusia dengan keterbatasan modal serta dengan dingin yang menusuk ke kulit mereka.
 http://www.jagatunik.com/
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Random Product

Featured Post 8

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. My Blog - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template